Senin, 05 Mei 2014

Menu Diet Seminggu

Supaya tidak bosan menyusun menu diet seminggu merupakan hal yang baik dilakukan agar menu sehari hari dari diet yang kita jalankan tidak menyebabkan kebosanan pada diri kita. Pemilihan jenis makanan untuk menu makanan diet seminggu sangat penting pula dan dapat kita susun dalam bentuk diagram yang fleksible namun tetap pada jalur menu makanan diet yang sehat dan alami.

Kriteria dalam menyusun menu diet seminggu adalah:
1. Menu makanan diet yang rendah lemak dan rendah kalori sehingga kita tidak menumpuk lemak kembali namun cepat dibakar habis hari itu juga. Dengan demikian tubuh juga bisa mengambil energi dari lemak yang dibakar untuk menunjang aktivitas sehari hari. Kadar lemak dan kalori yang disarankan adalah dibawah 100 kalori dalam tiap sajinya agar dalam setiap porsi makanan diet yang kita konsumsi hanya mencakup antara 200 hingga 250 kalori saja dan tidak boleh lebih besar.

2. Menu makanan diet alami. Artinya selama diet menurunkan berat badan kita harus menghindari menu makanan olahan pabrik, makanan junk food atau makanan olahan lainnya yang bukan kategori menu makanan diet sehat. Hal ini untu menghindari hancurnya perhitaungan kalori dan lemak dari setiap saji porsi makanan. Karena seringnya kebanyakan dari kita tidak tahu bagaimana membaca keterangan dalam kemasan makanan olahan pabrik. Jadi lebih baik kita hindari saja.

3. Menu diet kaya nutrisi. Unsur nutrisi dalam setiap kandungan menu diet seminggu harus cukup memenuhi kebutuhan tubuh akan semua vitamin, mineral, zat gizi penting lainya sehingga tubuh tidak kekurangan gizi selama diet turun berat badan berlangsung, justru tubuh kita bisa melakukan regenerasi sel sel tubuh secara normal. Jadi mengetaui kandungan gizi dari setiap makanan diet yang kita konsumsi sangatlah penting agar kita tahu kebutuhan tubuh akan nutrisi dapat dipenuhi dengan baik. 

http://menudietcepatseminggu.blogspot.com/

Setelah mengetahui kriteria menu makanan diet sehat yang akan anda konsumsi maka langkah selanjutanya adalah memilih jenis makanan apa saja yang masuk dalam kriteria tersebut. Di Indonesia jenis makanan yang dapat anda kombinasikan untuk menu diet pagi hari, menu diet siang hari dan menu diet malam hari adalah;

1. Ikan
Ikan tidak hanya membuat jantung Anda sehat, tetapi juga mengecilkan pinggang. Asam lemak omega-3 meningkatkan sensitivitas insulin yang membantu membangun otot dan mengurangi lemak perut. Lebih banyak otot ebih baik untuk kapasitas pembakaran lemak tubuh seseorang. Jenis ikan yang disarankan adalah ikan laut dalam. Pengolahan ikan yang baik untuk diet adalah dengan menghidari olahan yang digoreng dengan minyak goreng atau bersantan. Tapi gunakan cara ditim, rebut atau kukus agar lebih sehat dan tidak menambah kalori dan lemak dari minyak goreng atau santan.

2. Tomat
Tomat mengandung oligofructose, yaitu serat yang membantu mempertahankan efek cholecystokinin(CCK) di perut. CCK adalah hormon yang dikeluarkan oleh usus kecil dalam menanggapi adanya lemak dan membantu meningkatkan perasaan kenyang dengan mengencangkan katup antara perut dan usus. Hal ini membuat Anda untuk makan tidak terlalu banyak.  Tomat juga dikemas dengan vitamin C yang membantu dalam produksi karnitin. Penelitian telah menunjukkan bahwa karnitin dapat membantu mempercepat kemampuan tubuh membakar lemak.

3. Kedelai
Kedelai mengandung lesitin yang membantu sel-sel agar tidak menumpuk lemak. Ini juga akan memecah simpanan lemak dalam tubuh. Lesitin kedelai juga menurunkan kolesterol dan trigliserid, serta meningkatkan HDL (kolesterol baik). Nutrisi yang terkandung dalam kacang kedelai dapat meningkatkan metabolism, dapat mengurangi kolesterol dan membuang minyak dan lemak dalam tubuh. Juga dapat membantu mengurangi kadar gula untuk mencegah timbunan lemak. Kadar gula yang terkontrol dengan baik juga dapat memposisikan kadar insulin dilevel yang seimbang. Hal ini memberi anda rasa “kenyang” sekaligus juga mengurangi fenomena “sugar cravings”. Protein kedelai menghasilkan energi bagi tubuh kita, membantu pembentukan otot yang lebih kuat. Otot akan membakar kalori dari kurus kita, maka dari itu dapat membantu mengurangi berat badan.

4. Apel
Apel adalah sumber yang baik dari pektin. Pektin merupakan serat larut air yang dapat menurunkan kolesterol darah dan kadar glukosa. Apel segar juga merupakan sumber vitamin C.

Vitamin C merupakan sebuah antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Vitamin C juga membantu membentuk jaringan ikat kolagen, menjaga pembuluh darah kapiler, dan membantu dalam penyerapan zat besi.

5. Brokoli
Selain menjadi sumber yang baik untuk folat, brokoli mengandung fitonutrien. Fitonutrien merupakan sekelompok senyawa yang dapat membantu mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker.

Brokoli juga merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin C. Selain itu juga merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin A yang terkait untuk memelihara kesehatan mata.

6. Kacang merah
Kacang merah merupakan sumber zat besi, fosfor, dan kalium. Kacang merah juga merupakan sumber rendah lemak yang sangat baik dari protein dan serat. Kacang merah juga mengandung fitonutrien.

7. Bayam
Bayam mengandung vitamin A dan C, serta folat. Bayam juga merupakan sumber magnesium. Senyawa dalam bayam dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat membantu menjaga kesehatan rambut dan kulit.

Dalam bayam ditemukan karotenoid, beta karoten, lutein, dan zeaxanthin. Kandungan tersebut melindungi dari gangguan penglihatan yang terkait dengan usia, seperti degenerasi makula dan kebutaan malam, serta penyakit jantung, dan kanker tertentu.

8. Beras merah
Beras merah adalah sumber serat yang baik. Beras merah merupakan suatu karbohidrat yang sehat yang dapat meningkatkan metabolisme dan membakar lemak.

9. Pisang
Pisang adalah makanan baik untuk jantung. Mengonsumsi pisang juga dapat meningkatkan metabolisme, sehingga dapat membakar lemak dan kalori.

10. Telur
Sarapan yang sarat dengan protein yang akan mengurangi nafsu makan. Satu hasil studi menyatakan bahwa, wanita gemuk yang sarapan telur dapat kehilangan berat badan dua kali lebih banyak dibandingkan wanita yang tidak mengonsumsi telur.

Untuk menyusun menu diet seminggu, anda perlu menyusun masing masing menu makanan diet diatas sesuai kebutuhan anda sehari hari. Tentu porsi makan anda harus kecil sekitar 5 atau 6 sendok makan sudah cukup dan makanlah lebih sering setiap 3 jam sekali dnegan porsi kecil tersebut untuk mencegah penumpukan lemak dan memberikan energi tubuh membakar lemak lebih banyak. Hindari makan dalam porsi besar karena  menyebabkan tubuh sulit mencerna dan akibatnya jadi menambah tumpukan lemak dalam tubuh.

Untuk informasi menu diet seminggu, menu diet sehat, menu diet seminggu tanpa nasi, menu diet seminggu untuk kurus, menu diet herbalife, daftar menu diet sehat sehari-hari, menu diet sehat menurunkan berat badan, menu diet sehat dan cepat. Terimakasih.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...