Rabu, 07 Mei 2014

Menu Makanan Diet untuk Diet Cepat Menurunkan Berat Badan

Diet cepat menurunkan berat badan membutuhkan sejumlah menu makanan diet yang dikonsumsi sehari hari dalam seminggu atau 1 bulan. Untuk diet cepat menurunkan berat badan, menu diet yang dikonsumsi adalah menu diet yang memenuhi kriteria sebagai makanan diet cepat atau kategori makanan pembakar lemak tubuh. Jenis makanan ini adalah jenis makanan yang mampu meningkatkan metabolisme tubuh seseorang dengan cepat yang merupakan kunci dari keberhasilan diet cepat menurunkan berat badan.

Banyak orang menyebutkan menu makanan diet cepat ini sebagai super food, yaitu makanan super yang membakar lemak lebih banyak, meningkatkan metabolisme tubuh dan memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Meski memiliki sejumlah kelebihan menu makanan diet tetap harus dapat dikonsumsi dengan aturan cara diet juga. Maksudnya adalah anda harus makan dalam porsi kecil namun sering dan jangan pernah mengkonsumsi menu makanan diet ini dalam sekali makan atau dalam porsi besar, karena anda sedang berdiet.

Jenis menu makanan diet cepat ini seperti yang digambarkan dibawah ini adalah:



Untuk diet cepat menurunkan berat badan, menu diet yang dikonssumsi dikombinasikan dalam menu diet sehari hari agar tidak bosan dan dapat memenuhi nutrisi tubuh secara lengkap. Untuk diet cepat menurunkan berat badan penting memperhatikan asupan kalori dan lemak serta nutrisi penting lainnya termasuk protein agar apa yang masuk ke dalam tubuh terutama kalori dan lemak dapat dibakar habis oleh tubuh menjadi energi.

Penambahan protein dalam menu diet cepat ini penting dilakukan karena protein memiliki sejumlah manfaat dalam membantu diet cepat menurunkan berat badan. Protein yang bagus adalah protein nabati dari bahan kedelai yang kandungannya tinggi sehingga dapat mengatasi rasa lapar pada saat diet bahkan dapat menambahkan massa otot tubuh sebagai indikator cara diet yang baik dan benar.


Untuk menurunkan berat badan, ahli gizi merekomendasikan pengaturan menu makanan dengan komposisi: seperempat dari makanan adalah protein, seperempatnya lagi adalah karbohiodrat dan setengahnya adalah sayuran.

"Memakan sejumlah besar karbohidrat dan lemak seperti yang terkandung dalam minuman bersoda adalah faktor risiko utama obesitas dan mengencerkan kandungan protein sehingga akan meningkatkan nafsu makan. Kami tidak menganjurkan untuk memakan sejumlah besar protein atau menghilangkan asupan karbohidrat sama sekali," kata Dr. Susan Jebb, rekan penulis penelitian sekaligus Kepala Unit Penelitian Nutrisi Manusia di Cambridge.

"Asupan protein sebesar 15 persen dari jumlah makanan harian pasti cukup untuk mencegah orang makan berlebihan dan membantu menurunkan berat badan," imbuh Dr. Jebb seperti dilansir DailyMail.


Berbagai macam penelitian menunjukkan hasil bahwa whey protein efektif untuk membantu program diet cepat menurunan berat badan melalui beberapa mekanisme yang berbeda.

1.    Menurunkan Kadar Lemak
Para peneliti dari Minnesota’s Applied Research Center menemukan bahwa orang yang melakukan diet dengan mengurangi kalori disertai suplementasi whey protein dapat menurunkan kadar lemak tubuhnya lebih banyak daripada yang hanya menerapkan diet rendah kalori saja.


2.    Meningkatkan Massa Otot
Menambah massa otot dapat mempercepat penurunan berat badan. Ini karena tubuh akan membakar kalori lebih banyak jika otot makin banyak. Hasil penelitian para ahli dari University of Texas Medical Branch menunjukkan bahwa konsumsi whey protein setelah latihan beban dapat meningkatkan pertumbuhan otot dengan cara merangsang pembentukan protein otot.


3.    Mengurangi Nafsu Makan
Menambahkan asupan whey protein dapat menekan nafsu makan, sehingga menurunkan asupan kalori dan meningkatkan pembakaran lemak. Sebuah hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism menunjukkan bahwa setelah mengkonsumsi whey protein, maka asupan kalori kita akan lebih sedikit daripada biasanya.


Whey protein merupakan sumber protein yang mudah dicerna dan efektif untuk membantu meningkatkan metabolisme Anda dan juga membantu tubuh membakar kalori lebih banyak. Dengan berlatih secara intens dan mengonsumsi whey protein, proses pembakaran lemak akan menjadi sempurna.

Penting juga diperhatikan bahwa dalam diet cepat menurunkan berat badan, makanlah makanan dengan porsi yang kecil dan bagi-bagikan makanan anda itu dalam beberapa kali makan dalam sehari! 5 sampai 6 kali makan dalam sehari adalah cara terbaik bagi pencernaan kita dari pada makan 3 kali dengan porsi yang besar. Hal lain yang perlu untuk diingat disini adalah makan malam anda harus sangat sedikit, sementara sarapan anda adalah makanan terbanyak dalam hari anda. Penelitian-penelitian menemukan bahwa jika telur yang disajikan pada menu sarapan kita, dapat membantu menurunkan berat badan.


Dengan demikian menu makanan diet untuk diet cepat menurunkan berat badan mudah dibuat, dikonsumsi. Tinggal keputusan ditangan anda untuk mengaturnya dan menjalankan diet cepat menurunkan berat badan dengan disiplin dan konsisten.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...